Catatan harian ini admin gunakan untuk menyimpan segala tutorial dan aplikasi yang mungkin bermanfaat bagi admin dan terutama berguna pula bagi para pembaca yang lagi membutuhkan!!!

Jumat, 25 Januari 2013

Cara Membuat Shortcut Aplikasi di Windows

Berapa banyak aplikasi yang terinstall di komputer Anda? Jika cukup banyak maka Anda pasti telah mengalami sedikit masalah atau kerepotan saat membukanya melalui Start menu. Sedikit perlu waktu untuk menemukan aplikasi yang Anda maksud di dalam tumpukan daftar software yang ada di Start menu. Anda bisa saja membuat shortcut button di desktop tetapi jika aplikasi yang terinstall di dalam komputer terlalu banyak maka tetap saja masalah yang sama akan muncul.

Keyboard shortcut atau hotkey merupakan solusi terbaik untuk memudahkan Anda mengakses sembarang aplikasi yang ada di komputer Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menekan tombol Ctrl dan P untuk membuka aplikasi Paint. Cara itu akan jauh lebih cepat dibanding Anda harus mencari logo Paint di Start Menu. Lalu, bagaimana cara membuatnya?


Untuk mendapatkan fungsi hotkey Anda perlu mengaktifkannya menggunakan KeyboardExt. Ini adalah sebuah aplikasi desktop yang bertugas mendaftar semua aplikasi dalam komputer Anda melalui sebuah window sederhana. Dengan cara tersebut maka Anda akan bisa dengan mudah membuka dan menjalankan aplikasi yang Anda inginkan. Selain itu KeyboardExt juga memiliki opsi untuk membuat hotkey bagi semua aplikasi di dalam komputer Anda.

Setup KeyboardExt

1.  Download KeyboardExt lalu install.
2. Setelah KeyboardExt terinstall, klik ‘open the KeyboardExt’ dan Anda akan melihat sebuah window dengan daftar lengkap semua aplikasi yang ada di dalam komputer Anda.

Windows tersebut akan membantu Anda secara cepat menemukan dan menjalankan aplikasi yang Anda inginkan. Cukup arahkan cursor dan klik pada sebuah aplikasi untuk membukanya.

Setup Hotkeys
Jika fitur KeyboardExt di atas belum cukup cepat untuk membuka sebuah aplikasi, Anda bisa menggunakan hotkey yang juga merupakan fitur dari KeyboardExt.

Klik pada tombol Hotkeys di bagian kanan-atas maka Anda akan melihat sebuah preset keyboard shortcut untuk beberapa aplikasi yang ada di komputer Anda. Klik pada link New Hotkey yang ada di bagian atas dari daftar aplikasi untuk mulai mengeset hotkey.

Sebuah windows kecil akan muncul dengan beberapa opsi. Untuk mengeset sebuah hotkey baru, ikuti langkah berikut:

1. Isi deskripsi hotkey pada kotak paling atas. Untuk mengingat hotkey apa untuk aplikasi yang mana, tulislah nama dari aplikasi sebagai deskripsinya.

2. Centang pada keyboard buttons yang ingin Anda pakai sebagai shortcut. Anda bisa menggunakan tombol Windows, Ctrl, Alt atau Shift. Anda juga bisa menggunakan keempat tombol tersebut + sebuah tombol lain di keyboard, misal Win + P.

3. Masukkan path dari aplikasi yang Anda maksud, atau gunakan tombol folder explorer untuk memilih langsung dari folder aplikasi.

4. Jika sudah yakin dengan apa yang Anda set, klik pada tombol Add Hotkey.

System Hotkeys
KeyboardExt juga memiliki preset hotkeys untuk sejumlah hal yang kerap Anda gunakan di desktop. Untuk mengetahuinya, klik pada tab Options dan pilih System Hotkeys.

Di dalam daftar Hotkeys yang ada, centang pada kotak untuk mengaktifkan hotkey, atau hilangkan centang untuk menon-aktifkan.

Anda bahkan bisa mengeset situs Wikipedia dengan menggunakan Ctrl + W langsung dari keyboard. Selamat mencoba!


0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejaknya dengan berkomentar, jadi silahkan berkomentar bila ingin, tapi jangan memberikan komentar yang mengandung cacian, unsur SARA, dan gunakanlah bahasa yang baik!!

Ayhi's Song

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info