Catatan harian ini admin gunakan untuk menyimpan segala tutorial dan aplikasi yang mungkin bermanfaat bagi admin dan terutama berguna pula bagi para pembaca yang lagi membutuhkan!!!

Rabu, 10 April 2013

Meningkatkan Kemampuan Menyimpan Data Windows 8 Dengan Disk Write Chaching

Selamat malam guys. . .
Malam ini anee mau share sebuah trik untuk ente yang punya kompi atau lappy yang lalod, hari gini lalod? masih jaman nggak sih? hehe (lebay). Ini bukan hanya trik untuk win 8 tapi bisa bekerja juga di windows 7, kalau wun vista dan xp belum saya coba :).  Ok, dari judul di atas kita sudah lihat apa yang akan kita bahas di sini, pertanyaan yang terbesit pertama kali dalam benak pastilah, apa itu Disk Write Chaching?
Ya, Disk Write Chacing adalah fitur default windows yang belum tentu semua pengguna windows mengetahuinya apalagi yang masih awam. Disk Write Caching adalah fasilitas yang memberikan operasi tambahan kepada system agar mengaktifkan fitur chace pada saat data dibuat. Sistem akan secara simultan menciptakan cache pada saat file akan disimpan ke dalam disk, setelah file benar-benar dibuat oleh sistem baru kemudian file tersebut akan dituliskan secara permanen ke dalam disk. Sistem lalu memberikan informasi bahwa cache telah aman untuk dihapus.

Gimana, udah jelas atau masih kurang ngerti? Ok saya jelaskan lebih mudah lagi, Disk Write Caching adalah fitur untuk meningkatkan performa sistem dengan menyediakan write caching pada sebuah device/disk. Kelebihannya ialah, aplikasi bisa berjalan lebih cepat karena prosesnya bisa terus berjalan tanpa perlu menunggu penulisan data pada disk/device. Misalkan kita memiliki file yang akan kita tulis pada disk, ketika disimpan, windows akan membuat catatan bahwa kita ingin menyimpan file ke dalam Hard Drive (HD). Informasi ini untuk sementara akan disimpan pada memori windows dan akan windows akan menuliskan file pada HD nanti setelah file benar-benar ditulis pada HD, maka cache akan mengabarkan ke sistem windows bahwa file sudah ditulis ke HD dan cache tersebut bisa dihapus dengan aman.

Yah, kurang lebih demikian penjelasan saya mengenai Disk Write Caching, dengan adanya operasi semacam ini maka hard disk tidak harus selalu bekerja menyimpan setiap file yang dibuat sehingga secara otomatis meningkatkan performa dan juga kemampuan komputer atau laptop agan-agan. Ok, setelah panjang lebar maka sekarang kita akan menuju kelangkah-langkahnya sebagai berikut:

Ada 2 cara untuk mengaktifkan fiturnya yaitu melalui Explorer dan Device Manager, Pertama kita bahas melalui Explorer aja yah,, XD
  • Secara default trik ini sudah terapply, namun jika kita merasa belum mengaktifkannya maka silahkan iktun langkah berikut,
  • Buka Explorer (My Computer) > Klik kanan, pilih properties pada salah satu drive (di sini saya gunakan drive C: sebagai contoh)
  • Klik menu tab Hardware atau Perangkat Keras dan pilih disk drives, dan
  • Klik Properties, maka akan muncul jendela baru seperti gambar dan kemudian klik Change Setting. Nah disinilah yang membedakan win 8 dan win 7, kalau windows 7 tidak ada pilihan change setting.

  •  Maka akan terbuka Properti Disk Drive anda yang lebih terperinci, pilih tab Policies dan pastikan pilihan Enable write caching on the device tercentang seperti gambar dibawah ini kemudian klik OK.
Itulah cara melalui explorer dan kemudian cara kedua yaitu melalui Device Manager
  • Anda juga dapat melalukan hal di atas melalui device manager yaitu dengan cara tekan tombol kombinasi WINDOWS(Logo Bendera) + Pause Break, atau dengan cara klik start kemudian ketikkan Device Manager, lalu klik Device manager yang tampil pada kolom start (khusus win 7)
  • Lau klik kanan pada disk drive dan kemudian pilih properties maka akan muncul jendela properties disk drive anda, cara selanjutnya ikutin saja langkah terakhir yang di atas.
 

Nah demikianlah tutorial kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan dan dapat meringankan pekerjaan anda yang memiliki kompy atau lappy yang lalod,. hehe

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejaknya dengan berkomentar, jadi silahkan berkomentar bila ingin, tapi jangan memberikan komentar yang mengandung cacian, unsur SARA, dan gunakanlah bahasa yang baik!!

Ayhi's Song

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info